SELAMAT DATANG DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN - RIAU DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Kamis, 07 Mei 2009

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran STAI

Visi STAI Auliaurrasyidin Tembilahan : Menjadikan Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan yang unggul dan mencerahkan serta selalu merespon segala perubahan dengan pendekatan iman dan taqwa di era global yang kompetitif.
Misi STAI Auliaurrasyidin Tembilahan :
1. Membina dan mengembangkan paradigma ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan ajaran agama Islam dengan pendekatan iman dan taqwa.
2. Membina dan mengembangkan lingkungan kampus dan masyarakat yang berpradaban atau madani sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam.
3. Membina dan mengembangkan disiplin ilmu yang sesuai dengan standar kompetensi keilmuan umum dan Islam.
4. Membina dan mengembangkan pusat kajian dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, dengan perspektif ajaran agama Islam.
5. Membina dan mendidik mahasiswa berfikir kritis, mandiri, peduli terhadap lingkungan sosial, dan berwawasan global.
6. Membina dan mengembangkan pusat pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif dan berguna bagi pembangunan bangsa, negara, dan agama.
Tujuan STAI Auliaurrasyidin Tembilahan :
1. Menyediakan sumberdaya, pengaturan proses pemanfaatan sumberdaya, dan penciptaan suasana akademik di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan yang kondusif.
2. Penyelenggaraan manajemen STAI Auliaurrasyidin Tembilahan yang ditujukan agar kreativitas, ingenuitas, dan produktivitas sivitas akademika (dosen, pengelola, dan mahasiswa) dapat menghasilkan kualitas kinerja yang tinggi.
3. Meningkatkan sikap bertanggungjawab pengelola STAI Auliaurrasyidin Tembilahan beserta sivitas akademikanya, bahwa tingkahlaku berorganisasi dan aktualisasi perilaku dalam pelaksanaan kegiatan fungsional di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan selalu terkait dengan kepentingan pihak-pihak yang berkepentingan dan mempunyai dampak di masyarakat.
4. Menciptakan suatu sistem pendidikan tinggi yang bermutu dan dapat diandalkan sebagai sarana investasi pribadi dan masyarakat untuk menempuh hari depan yang lebih baik.
5. Meningkatkan kemampuan STAI Auliaurrasyidin Tembilahan dan staf akademik dalam evaluasi diri dan evaluasi hasil pembelajaran, yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan mengenai kelangsungan STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.
6. Meningkatkan relevansi dan kualitas program S-1 dan diploma yang ada di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan terhadap tuntutan dunia kerja dan tantangan masa depan tentang jumlah, kualifikasi bidang, dan kualifikasi kemampuan lulusan.
7. Mengembangkan penelitian yang memberdayakan STAI Auliaurrasyidin Tembilahan dalam mengaktualisasi fungsi-fungsi kelembagaannya secara efektif dalam menanggapi tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta perkembangan kehidupan masyarakat.
8. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menyebarkan hasil penelitian terapan, kaji tindak, maupun paket teknologi tepat guna untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif dan meningkatkan mutu kehidupan masyarakat; serta untuk meluaskan wawasan dan pengalaman perguruan tinggi mengenai keperluan dan masalah nyata yang dihadapi masyarakat.
9. Meningkatkan relevansi sarana bersama dengan perguruan tinggi lainnya terhadap tujuan pembangunannya.
10. Meningkatkan kualitas kinerja fasilitas bersama dengan perguruan tinggi lainnya dalam melayani kebutuhan sistem pendidikan tinggi akan kemudahan yang tersedia di sarana bersama.
11. Meningkatkan pangkalan kepustakaan, insfrastruktur dan mekanisme kerjasama, dan mutu kinerja Sistem Perpustakaan Terpadu dalam melayani kebutuhan infromasi pada pemakai di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.
12. Membangun pribadi mahasiswa yang berjiwa Pancasila, beriman dan taqwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur dan menjunjung nilai mulia kemanusiaan, berwawasan kebangsaan yang luas, terbuka dan mampu bermusyawarah, serta memiliki tanggungjawab sosial yang tinggi.
13. Mengembangkan insan masyarakat berpandangan luas yang menjunjung etika karya, berdisiplin dan memiliki rasa tanggungjawab, tangguh jasmaniah dan rohaniah, rasional dan berbudaya, memiliki prakarsa serta mampu memimpin.
14. Meningkatkan daya tampung program S-1 dan diploma yang ada dan membuka program studi baru di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan untuk dapat memenuhi perkembangan kebutuhan pembangunan akan lulusan, baik dalam jumlah maupun bidang keahlian atau profesinya.
15. Meningkatkan peran STAI Auliaurrasyidin Tembilahan – di Kabupaten Indragiri Hilir khususnya dan Propinsi Riau umumnya – untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya setempat baik dalam jumlah maupun mutu dengan menaikkan sumberdaya pendidikan dan meningkatkan proses pendidikan di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.
Sasaran STAI Auliaurrasyidin Tembilahan :
1. Memenuhi keperluan akan suatu sistem manajemen yang berpandangan kemasa depan dan keluar serta berdayacipta dan mampu menjawab tantangan pembangunan nasional, perubahan masyarakat, dan globalisasi – secara efektif.
2. Menerapkan Paradigma Baru Pendidikan Tinggi : Otonomi, Akuntabilitas, Akreditasi, dan Evaluasi dalam Manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar