SELAMAT DATANG DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN - RIAU DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jumat, 13 Agustus 2010

Mengetik Tulisan Arab Di Komputer

Bagi dosen dan mahasiswa/i STAI Auliaurrasyidin yang ingin mengetik tulisan arab di komputer, kalaulah dikomputer anda sudah ada tulisan arab berarti tak masalah lagi. Bagi yang belum, berikut ini kami paparkan bagaimana cara untuk mengetik arab di komputer, pada tutorial ini Operasi sistem yang di jadikan acuan adalah Widows XP.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Lagkah pertama, siapkan CD instalasi windows XP, kemudian Klik “START”, “Settings”, “Control Panel”

Ketik Arab

Kemudian Double Klik “Regional and Languange Options”

Ketik Arab

Pilih tab “Languanges”, berikan tanda centang pada “Install Files for Complex Script and ….” dan klik Apply, masukkan CD instalasi windows XP jika pada langkah ini si Windows minta CD installer, hindari jika windows minta Reboot karena akan memperlama proses setting.

Ketik Arab

Klik “Details…” dan pada jendela berikutnya klik “Add…”

Pilih “Input Languange” dengan “Arabic (Saudi Arabia)” dan klik OK.

Ketik Arab

Munculnya jenis keyboard pada jendela “Installed Service” menandakan jenis bahasa yang disupport oleh keyboard untuk pengetikan, klik OK hingga akhir dan bila perlu restart windows.

Ketik Arab

Perpindahan pengetikan dari bahasa Inggris (latin) ke bahasa arab dan sebaliknya dengan penekanan tombol Alt + Shift, ditandai dengan icon “Languange Bar” pada Taskbar yang berubah-ubah.

Pemberian harokat pada bahasa arab dengan menekan Shift + … , misalnya ingin memberi harokat dhomah, yaitu dengan menekan Shift + E.

Untuk mengetahui posisi huruf arab pada keyboard ikuti langkah berikut:

Klik Start – All Programs – Accessories – Accessibility – On Screen Keyboard

Setelah di klik, maka akan muncul tampilan keyboard visual pada monitor, fungsi dari tool ini adalah sebagai visual dari keyboard.

Ketik Arab

Untuk merubahnya ke font arab, tekan tombol alt + shift, maka tampilan akan berubah seperti ini:

Ketik Arab

Untuk mengetik harakat fathah, kasrah, fathatain dan seterusnya silakan tekan tombol shift, maka akan terlihat tanda tersebut, silakan di coba sendiri

Ketik Arab

Semoga bermanfaat….

****

sumber: ilmukomputer.com, dan sumber lainnya

1 komentar: